You need to enable javaScript to run this app.

Opini: SBJ Menuju Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru

  • Jum'at, 22 Desember 2023
  • Admin Kecamatan Sangir Balai Janggo
  • 0 komentar
Opini: SBJ Menuju Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru

Oleh: Muslim, S.Pd. (Camat Sangir Balai Janggo Kabupaten Solok Selatan)

Kecamatan Sangir Balai Janggo (SBJ) dulu berada diujung Kab Solok Selatan (daerah pinggiran). Besok beberapa tahun ke depan tidak lagi merasa di ujung dan daerah bakal ramai karena Kecamatan ini akan menjadi Pusat Pertumbuhan Baru.
Kalimat ini sering disampaikan Kepala Daerah, Wakil Kepala Daerah dan termasuk Ketua DPRD Solok Selatan (Zigo Rolanda).


Merujuk kepada hal tersebut saya (Camat SBJ) sangat yakin, karena beberapa persyaratan dan pembangunan infrastruktur sudah mulai ke arah sana, seperti; pembukaan akses jalan menuju lintas Sumatera (jalan Sungkai - Surai), pembangunan 2 unit jembatan jalan Sungai Sungkai - Log Batu Sandi, perbaikan akses nagari-nagari menuju ibu Kota Kecamatan dan tahun depan pembukaan dan perbaikan akses dari Kecamatan tetangga menuju ibu Kota Kecamatan SBJ.


Memahami kerangka tersebut, semua jalan diarahkan menuju Ibu Kota Kec SBJ (Sungai Sungkai dan sekitarnya) ditambah dengan wacana pembangunan pasar modern sudah jelas daerah ini bakal ramai dan menjadi pusat perdagangan serta transaksi terbesar di Solok Selatan.


Untuk menyonsong dan melengkapi rencana Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru tersebut ada beberapa hal yang perlu digagas dan dipersiapkan, antara lain :

  1. Masyarakat harus punya produk baik hasil pertanian,kuliner maupun penyediaan dibidang jasa
  2. Komoditi pertanian masyarakat tidak melulu kelapa sawit dan karet, melainkan mesti ada produksi untuk kebutuhan pasar lokal, seperti ; jengkol, petai, nangka/gori, sayur-sayuran dan buah-buahan. Juga termasuk penyediaan lauk pauk, seperti; daging, telor, ikan dan sebagainya.
  3. Perlu pembenahan objek wisata, seperti Gua Batu Kapal, Air Terjun Talang Sipintiu,Air Terjun Suir, dll. Juga penbenahan Objek Wisata dan tempat hiburan di Kec lain di Solok Selatan.
  4. Perlu pemberdayaan masyarakat secara jitu dan tajam, seperti perbanyak diklat UMKM, rumah makan, perhotelan/wisma/homestay,perbengkelan, desainer, dll.

(Bahan Renungan)

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

MUSLIM, S.Pd

- Camat Sangir Balai Janggo -

Nama Lengkap  : MUSLIM, S.Pd NIP : 19700808 199203 1 006 Tempat/ Tanggal Lahir  : Sungai Sungkai/ 8 Agustus...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini ?

Hasil
Banner