You need to enable javaScript to run this app.

Alhamdulillan, BP-BCP Bapanas Tahap II tersalurkan 100% di SBJ

  • Rabu, 04 Oktober 2023
  • Admin Kecamatan Sangir Balai Janggo
  • 0 komentar
Alhamdulillan, BP-BCP Bapanas Tahap II tersalurkan 100% di SBJ

Hari gembira bagi keluarga kurang mampu di Kecamatan Sangir Balai Janggo, hari Jum'at 29 September 2023 Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melaksanakan pendistribusian Bantuan Pangan Beras Cadangan Pemerintah (BP-BCP) dari Badan Pangan Nasional (Bapanas). Ini merupakan hari terakhir pendisitribusian oleh Pemkab setelah sebelumnya dilaksanakan di 5 (lima) kecamatan sejak tanggal 21 September 2023. Pada 29 September ini dilaksanakan pendistribusian di 2 (dua) kecamatan yaitu Sangir Balai Janggo dan Sangir Jujuan.

Program BP-BCP kali ini merupakan tahap kedua pelaksanaannya oleh Bapanas di tahun 2023,  dengan tujuan menjaga stablitas harga beras dari inflasi menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Tahap pertama telah dilaksanakan pada periode Maret - Mei 2023. Tahap kedua ini bantuan disalurkan untuk 3 (tiga) bulan yaitu September - November 2023, masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima 10 kg beras per-bulan. Jadi, jumlah beras yang diserahkan kepada setiap KPM adalah sebanyak 30 kilogram.

Launching oleh Sekda

Launching Pendistribusian BP-BCP Bapanas di Kecamatan Sangir Balai Janggo dilaksanakan di Gedung Pertemuan Nagari Sungai Kunyit Barat oleh Sekretaris Daerah Dr. H. Syamsurizaldi, S.IP, SE, MM. Pada momen ini diserahkan bantuan beras secara simbolik kepada beberapa perwakilan dari tiap nagari. Terdapat 4 (empat) Nagari di Kecamatan SBJ yaitu: Kecamatan Sungai Kunyit, Sungai Kunyit Barat, Talunan Maju dan Talao Sungai Kunyit.

Penyerahan

Total Keluarga Penerima Manfaat di Kecamatan Sangir Balai Janggo adalah sebanyak 642 keluarga, terdiri dari:

  1. 199 keluarga di Nagari Sungai Kunyit 
  2. 169 keluarga di Nagari Sungai Kunyit Barat 
  3. 113 keluarga di Nagari Talao Sungai Kunyit 
  4. 161 keluarga di Nagari Talunan Maju 

Camat Sangir Balai Janggo Muslim, S.Pd. menyambut program bantuan ini dengan antusias. "Kami mewakili masyarakat Sangir Balai Janggo mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah dan Pemerintah Daerah yang telah menyelenggarakan Program BP-BCP berupa bantuan beras Bapanas ini. Ini sangat bermanfaat bagi masyarakat menjelang akhir tahun ini, apalagi saat ini disini sedang dalam musim kemarau", ucap Muslim. "Saya langsung koordinir penyaluran ini di Kecamatan SBJ, kepada seluruh Wali Nagari dan petugas juru bayar pada masing-masing nagari ditekankan harus tuntas diterima seluruh KPM sampai tanggal 30 September 2023", lanjutnya.

Muslim

Hasil pantauan di lapangan, pada hari Sabtu tanggal 30 September 2023 pendistribusian bantuan beras Bapanas dapat dituntaskan 100% di seluruh Nagari Kecamatan Sangir Bali Janggo. "Terdapat 19 KK yang berhalangan hadir dengan alasan yang dapat diterima yaitu sakit dan sebagainya, petugas juru bayar langsung mendatangi rumah yang bersangkutan dan melakukan serah terima", ungkap Muslim.

Terakhir Muslim selaku Camat menyampaikan terimakasih atas kerja keras dan ikhlas para Wali Nagari dan perangkat, Kepala BPP dan PPL di Kecamatan Sangir Balai Janggo.

**hwn**

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

MUSLIM, S.Pd

- Camat Sangir Balai Janggo -

Nama Lengkap  : MUSLIM, S.Pd NIP : 19700808 199203 1 006 Tempat/ Tanggal Lahir  : Sungai Sungkai/ 8 Agustus...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini ?

Hasil
Banner