You need to enable javaScript to run this app.

Program Satu Excavator Satu Kecamatan: Sangir Balai Janggo Siap Melompat Lebih Tinggi Menjadi Pintu Gerbang Pertumbuhan Ekonomi Daerah

  • Rabu, 15 Maret 2023
  • Admin Kecamatan Sangir Balai Janggo
  • 0 komentar
Program Satu Excavator Satu Kecamatan: Sangir Balai Janggo Siap Melompat Lebih Tinggi Menjadi Pintu Gerbang Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Salah satu program unggulan (progul) Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan periode 2021 – 2024 adalah Satu Excavator Satu Kecamatan. Program ini menjadi janji pasangan Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan terpilih H. Khairunas – H. Yulian Efi, sebagai jawaban atas permasalahan-permasalahan  infrastruktur baik level daerah maupun nagari, terutama akses jalan. Dengan program ini ditargetkan membuka isolasi pada kawasan-kawasan yang belum tersentuh jalan aspal, sehingga kegiatan ekonomi masyarakat dapat berlangsung lebih lancar sehingga memberikan daya ungkit yang kuat juga terhadap perekonomian daerah. Inilah salah satu bentuk lompatan menuju Solok Selatan Maju dan Sejahtera sebagaimana dicanangkan Bupati Khairunas sejak pertama mengabdi sebagai Bupati Solok Selatan.

Setelah sebelumnya launching di Kecamatan Pauh Duo dan Kecamatan Sangir, pada hari Selasa tanggal 14 Maret 2023 kembali dilaksanakan launching di Kecamatan Sangir Balai Janggo, bertempat di Kantor Wali Nagari Talunan Maju. Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Solok Selatan, Ketua DPRD Zigo Rolanda, Kapolres AKBP Arief Mukti Surya Adhi Sabhara, SH, S.IK, M.Si., Sekretaris Daerah Dr. Syamsurizaldi, beserta seluruh Kepala OPD se-Kabupaten Solok Selatan. “Ini merupakan lanjutan komitmen Pemerintah Daerah untuk merealisasikan visi dan misi yang telah tertuang pada RPJMD Kabupaten Solok Selatan”, ucap Bupati Khairunas dalam sambutannya.

“Program ”Satu Exavator Satu Kecamatan” ini merupakan inovasi dan strategi Pemerintah Daerah untuk membantu masyarakat, minimal untuk memperbaiki ruas jalan yang rusak dan meningkatkan ruas jalan yang ada, sehingga bisa dilalui dan dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Solok Selatan”, tuturnya lebih lanjut.

Tidak tanggung-tanggung, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan tidak hanya mengadakan alat berat Excavator, tapi juga alat-alat berat lain yang urgen untuk pengerjaan jalan seperti Vibro Roller, Motor Grader, Trado dan Dump Truck. “Tahun 2022 yang lalu kita sudah mengadakan 3 (Tiga) Exavator dan insyaallah tahun 2023 ini kita menambah lagi 3 alat berat yaitu 1 Unit Vibro Roller, 1 Unit Motor Grader, dan 1 Unit Trado serta 3 Dump Truk. Kesemuanya itu harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemaslahatan masyarakat di Kabupaten Solok Selatan”, ujar Khairunas.

Ketua DPRD Zigo Rolanda menekankan perlunya kesiapan pelaku ekonomi di Sangir Balai Janggo menyongsong akan dibukanya Jalan Lintas jalur Sungai Sungkai - Sungai Rumbai (Sungkai – Surai). Kedatangan Excavator disini diharapkan mampu merangsang percepatan pertumbuhan ekonomi di kecamatan ini. Pembangunan akses jalan Sungkai-Surai yang menghubungkan Kabupaten Solok Selatan dengan Kabupaten Dharmasraya pada tahun 2023 ini mendapat kucurun dana Inpres sebesar 56 Milyar. Dampak terbukanya jalur ini,  Kecamatan Sangir Balai Janggo akan berada pada gerbang pintu masuk ke Solok Selatan dan berpotensi untuk dikembangkan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Provinsi Sumatera Barat.

Kedatangan satu unit Excavator ini disambut dengan antusias oleh masyarakat Sangir Balai Janggo, tersirat dari sambutan yang disampaikan Wali Nagari Talunan Maju Ns. Revaldi, S.Kep. “Kami merasa sangat bersyukur dengan anggaran APBD Solsel yang akan dilaksanakan di tahun 2023 ini yaitu jalan pendakian peset dengan anggaran Rp 1 Milyar dan jalan TIS-ABAI Rp 950 juta, karena jalan ini merupakan urat nadi Nagari Talunan Maju. Excavator tersebut akan dicobakan untuk pertama kalinya untuk memperbaiki jalan TriGoreng di Nagari Talunan Maju”, ujar Wali Nagari ganteng ini.

“Jalan TriGoreng adalah jalan dengan ruas dimulai dari Jolong Talunan Indak Sepakat tembus ke Madiak SBH (Incasi Raya), bisa juga tembus ke Abai dan Dharmasraya”, jelas Revaldi ketika dikonfirmasi.

Secara simbolik Bupati Khairunas menyerahkan Alat Berat Excavator kepada Camat Sangir Balai Janggo, Muslim, S.Pd. “Atas nama pemerintah Kecamatan dan masyarakat kita ucapkan terima kasih, semoga Bupati dan Wakil Bupati selalu sehat dan sukses dalam kepemimpinannya”, ujar Muslim.

“Excavator tersebut akan dicobakan untuk pertama kalinya untuk memperbaiki jalan TriGoreng di Nagari Talunan Maju sesuai dengan permintaan penjabat Wali Nagari Talunan Maju”, lanjutnya

(wineste)

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

MUSLIM, S.Pd

- Camat Sangir Balai Janggo -

Nama Lengkap  : MUSLIM, S.Pd NIP : 19700808 199203 1 006 Tempat/ Tanggal Lahir  : Sungai Sungkai/ 8 Agustus...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini ?

Hasil
Banner