You need to enable javaScript to run this app.

Camping Ground - Musrenbang Kecamatan: Kecamatan Sangir Balai Janggo Berbenah Akses Transportasi

  • Rabu, 01 Maret 2023
  • Admin Kecamatan Sangir Balai Janggo
  • 0 komentar
Camping Ground - Musrenbang Kecamatan: Kecamatan Sangir Balai Janggo Berbenah Akses Transportasi

Bermula dari kegiatan Camping Ground di Nagari talao Kecamatan Sangir Balai Janggo oleh rombongan Bupati  bersama jajaran Pemda Kabupaten Solok Selatan pada hari Sabtu - Minggu, 18 - 19 Februari 2022. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya Pemerintah Daerah melakukan evaluasi ketercapaian program-program prioritas pimpinan daerah sebagaimana termaktub dalam RPJMD Kabupaten Solok Selatan tahun 2021 - 2026, sekaligus melakukan pendekatan sembari menjaring aspirasi masyarakat di kawasan yang dikunjungi. Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Solok Selatan H. Khairunas, Wakil Bupati H. Yulian Efi, Sekretaris Daerah Dr. Syamsurizaldi, seluruh Kepala OPD Pemda, beserta tokoh masyarakat dan masyarakat setempat.

 

Kata Bupati Khairunas, "Nagari Talao sudah seperti kampung halaman bagi kami, oleh karena itu bertemu masyarakat Talao dan sekitarnya selalu membahagiakan".

Dalam event ini Bupati Khairunas mencatat perlunya peningkatan jalan dari Sungai Kunyit menuju Nagari Talao. Hal ini memang dikeluhkan oleh masyarakat Talao, bahwasanya butuh perjuang cukup berat untuk melakukan perjalanan dari Talao menuju Sungai Sungkai melalui Mercu, terutama pada saat musim hujan.

"Jika berkaca pada kondisi Talao di masa lalu, kemajuan Nagari Talao pada hari ini sudah sangat jauh. Kendati demikian masih terdapat beberapa ruas jalan yang butuh perhatian salah satunya ruas Talao-Mercu-Sungai Sungkai", ungkapnya.

Hal ini disikapi dengan gerak cepat oleh Camat Sangir Balai Janggo Muslim, S.Pd., yang akrab juga dengan sebutan Petualang Mimpi. Gayung bersambut, Muslim langsung bersurat kepada Bupati Solok Selatan c/q Sekretaris Daerah perihal Usulan Peningkatan dan Perbaikan Jaringan Jalan pada tanggal 20 Februari 2022. Peningkatan jalan ini akan dilaksanakan dengan sekma Kolaborasi Swakelola Dinas PU Kabupaten Solok Selatan dengan perusahaan (PT) perkebunan yang bersomisili di Kecamatan Sangir Balai Janggo. Data akses jalan yang diusulkan untuk diperbaiki adalah:

  1. Ruas Talao - Mercu - Sungai Sungkai sepanjang 12 kilometer
  2. Ruas Sungai Sungkai - Koto Sungai Kunyit sepanjang 6 kilometer
  3. Ruas simpang Talunan - Lintas Madiak sepanjang 5 kilometer
  4. Ruas Simpang Rumah Tujuh - Ngalau Indah sepanjang 2,5 kilometer.

Terdapat beberapa perusahaan (PT) yang memungkinkan berkolaborasi dengan Pemda Kabupaten Solok Selatan antara lain:

  1. PT Perkebunan Nusantara VI
  2. PT Kencana Sawit Indonesia (KSI)
  3. PT Tidar Kerinci Agung (TKA)
  4. PT Sumatera Jaya Agro Lestari (SJAL)
  5. PT Bina Pratama Sakato Jaya (BPSJ-SS II)
  6. PT Bukit Gadang Estate (BGE), dan
  7. PT Inti Melia Felindo (IMF)

 

Musrenbang Kecamatan SBJ

 Selanjutnya dalam Musrenbang Kecamatan Sangir Balai Janggo pada tanggal 23 Februari 2023 bertempat di Kantor Camat Sangir Balai Janggo, kembali Bupati dan Camat SBJ menyampaikan keseriusan dalam keinginan untuk meningkatkan akses transportasi darat di Kecamatan Sangir Balai Janggo, yang paling mendesak adalah akses jalan Talao - Mercu - Sungai Sungkai sepanjang 12 kilomoeter.

Ditargetkan akses dari Talao menuju Sungai Sungkai dapat tuntas minimal sampai perkerasan dalam Tahun 2023 ini. Ini disambut masyarakat SBJ dengan suka cita dan penuh harap bahwa perekonomian di kecamatan ini akan meningkat secara signifikan dengan adanya peningkatan jalan ini.

Sehubungan terbatasnya kemampuan keuangan daerah Kabupaten Solok Selatan, direncanakan pekerjaan dilakukan melalui kerjasama dengan perusahan-perusahan perkebunan yang berlokasi di Kecamatan Sangir Balai Janggo.

Tinjauan Lapangan Akses Talao - Mercu - Sungai Sungkai

Pasca pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Sangir Balai Janggo Tahun 2023, diadakan rapat oleh Bupati bersama OPD terkait. Selanjutnya dilaksanakan tinjauan (survai) lapangan oleh Dinas PU, Bappeda serta OPD/Instansi terkait lainnya ke lokasi jalan Talao - Mercu - Sungai Sungkai

Direncanakan pengerjaan akan dimulai ketika cuaca sudah memungkinkan. Semoga lancar dan sukses peningkatan jalan Talao - Mercu - Sungai Sungkai untuk lompatan perekonomian Kabupaten Solok Selatan. Aamiin. (wineste)

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

MUSLIM, S.Pd

- Camat Sangir Balai Janggo -

Nama Lengkap  : MUSLIM, S.Pd NIP : 19700808 199203 1 006 Tempat/ Tanggal Lahir  : Sungai Sungkai/ 8 Agustus...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini ?

Hasil
Banner